Friday, June 1, 2018

MESIN DEKORTIKATOR PENGEKSTRAKSI SERAT


1. Mesin Dekortikator G3
Mesin Dekortikator G3 merupakan hasil inovasi dan modifikasi dari Mesin Dekortikator sebelumnya, dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas produksi dan optimalisasi pemanfaatan limbah.  Dimana mesin ini dirancang agar mampu mengekstraksi daun nanas lebih cepat, sehingga serat daun yang dihasilkannya lebih banyak. Selain itu Mesin Dekortikator G3 juga diciptakan untuk memperoleh banyak produk dari proses ektraksi ini seperti, serat daun nanas, pakan ternak, pupuk alami dan pewarna tekstil alami
.



Spesifikasi Mesin Dekortikator G3:
1.  Tinggi Mesin               : 125 cm
2.  Lebar Mesin                : 55 cm
3.  Panjang Mesin           : 180 cm
4.  Kekuatan Diesel        : 6,5 HP
5. Bahan Bakar              : Solar
6.  Panjang Pisau           : 26 cm
7.  Jumlah Pisau             : 12 buah
8.  Diameter Ɵ Pisau      : 41 cm
9.  Kapasitas Produksi   : 3 - 5 kg/hari           

Diciptakannya Mesin Dekortikator G3 ini diharapkan mampu memberikan nilai ekonomis lebih tinggi dari limbah tanaman nanas (Daun Nanas), serta dapat meningkatkan pendapatan petani nanas dan atau pelaku industri pembuat serat daun nanas.
Prinsip kerja dari Mesin Dekortikator G3 adalah sebagai berikut :
1.  Pisau – pisau pengerok berputar yang digerakan oleh tenaga diesel yang dihubungkan oleh Ven Belt melalui Pully
2.  Putaran pisau – pisau pengerok dan jarak yang tepat dengan batang baja pada mulut mesin menghasilkan tarikan/hisapan
3.  Putaran pisau – pisau pengerok (tarikan dan hisapan) ini dimanfaatkan untuk mengekstraksi daun nanas, sehingga pisau  - pisau pengerok akan mengerok permukaan daun nanas, akibatnya serat akan terpisah dengan daging daunnya.
4.  Proses ekstraksi dilakukan secara bergantian(Bulak Balik), bagian pangkal daun terlebih dahulu, setelah bersih kemudian bagian ujung daun hingga terpisah semua daging daun dengan seratnya.

2 .     Keunggulan Mesin Dekortikator G3
Beberapa Keunggulan dari Mesin Dekortikator G3 ini diantaranya yaitu :
1.  Kapasitas produksi lebih banyak, karena pisau pengerok lebih panjang, tenaga diesel yang digunakan lebih besar yaitu 6,5 HP (2200 rpm), sehingga kapasitas produksi bisa menghasilkan serat daun nanas kering sampai 3 Kg/ hari.
2.  Mesin Dekortikator G3 didesain dengan rangka yang tertutup sehingga limbah daun nanas (daging daun) tidak bertaburan dan bisa dimanfaatkan untuk keperluan pakan ternak dan pupuk alami.
3.  Mesin Dekortikator G3 dilengkapi roda pada bagian bawah mesin, sehingga mesin mudah dipindahkan atau di bawa ke tempat sumber bahan baku /kebun.
4.  Mesin Dekortikator G3 juga bisa digunakan untuk mengekstraksi serat alam lainnya seperti pelepah pisang abaka, tanaman sisal dan tanaman lidah mertua

3.   Produk Yang Dihasilkan Mesin Dekortikator G3
3.1 Serat Daun Nanas
          Serat Daun Nanas merupakan produk utama yang dihasilkan dari Mesin Dekortikator G3. Dengan harga jual dalam kondisi kering yaitu Rp 200.000/kg dan 250.000/kg setelah disisir.
 


Keunggulan Serat Daun Nanas  :
Ø Dapat diproduksi berkelanjutan karena bahan baku mudah didapat.
Ø Memberikan nilai tambah (Value edit) karena bahan baku merupakan limbah.
Ø Baik digunakan untuk bahan baku tekstil dan mudah menyerap pewarna tekstil
Ø Teksturnya lebih halus dan lebih kuat dibandingkan dengan serat alam lainnya
Ø Dapat diolah menjadi produk – produk unik dan inovatif, seperti : Benang, Kain, Fiber Otomotif, Jala Ikan, Tambang,  Aneka Kerajinan, dan aneka Fashion seperti Gordeng, Slendang, Baju dll


3.2    Pakan Ternak dan Pupuk Alami
            Pada saat proses ekstraksi menggunakan Mesin Dekortikator G3, Serat akan terpisah dengan daging daun, dimana daging daun yang telah terpisah dari helaian serat tersebut merupakan limbah dari proses ekstraksi serat dan secara otomatis akan terkumpul di bawah mesin, dan daging daun tersebut merupakan produk kedua yang dihasilkan Mesin Dekortikator G3.
Manfaat Dari Daging Daun ini diantaranya yaitu :
-          Peternakan : Pakan Ternak
-          Pertanian : Pupuk Alami


 
3.3    Air Limbah Pencucian Serat
            Proses pencucian serat dilakukan menggunakan air di dalam wadah, sehingga menghasilkan air limbah yang berwarna hijau pekat, Air limbah Pencucian serat tersebut saat ini sedang dilakukan uji coba untuk dijadikan pewarna tekstil alami (Pertekstilan).





3 comments:

  1. Assalamualaikum kak, tempat produksinya disubang mana ya kak?

    ReplyDelete
  2. dafabet dafabet 카지노사이트 카지노사이트 바카라사이트 바카라사이트 william hill william hill 메리트카지노 메리트카지노 10cric login 10cric login 카지노 카지노 524

    ReplyDelete